Pengguna Knalpot Aftermarket Harus Uji Tipe, tapi Tak Bisa Perorangan

Knalpot aftermarket untuk Yamaha NMAX diklaim menaikkan tenaga hingga 3 Tk.

Menurutnya, dengan mengganti knalpot standar menggunakan knalpot aftermarket sudah mengubah sistem pembuangan kendaraan bermotor.

Knalpot aftermarket tidak apa-apa digunakan, asal ada pernyataan bahwa knalpot tersebut sudah lolos uji tipe.

"Knalpot yang tidak standar tapi memenuhi persyaratan teknis, boleh saja digunakan, yang penting dia uji tipe," ujar Fahri.

Ternyata, pemerintah sendiri belum membuat aturan teknis untuk uji tipe knalpot aftermarket. Hingga saat ini, belum ada juga Standar Nasional Indonesia (SNI) yang sudah ditetapkan untuk komponen tersebut.

Risal Wasal, Direktur Prasarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan, mengatakan, prinsipnya setiap tipe kend bermotor yang sudah punya Sertifikat Uji Tipe (SUT), untuk setiap series produksi atau impor tidak boleh ada perubahan-perubahan yang menyebabkan perubahan unjuk kerja dari tipe tersebut.

"Penggantian knalpot selain mengubah terkait uji noise, juga bisa mengubah hasil uji emisi," kata Risal.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments