Knalpot Motor Keluar Air Saat Mesin Dipanaskan, Apakah Wajar?

Knalpot SARP di Suzuki GSX-R 150.

"Sebenarnya keluar air dari knalpot pada pagi hari saat memanaskan motor itu merupakan hal wajar, soalnya itu muncul dari reaksi kimia," kata Dwi kepada Kompas.com, Selasa (22/6/2021).

Pada saat malam hari, ruang dalam knalpot terisi dengan udara dingin yang akhirnya lembab. Udara dingin ini menimbulkan embun atau uap yang pada saat dipanaskan akan menguap dan membentuk cairan.

Embun atau uapa air didorong keluar melalui lubang kecil pembuangan yang ada di bawah knalpot sepeda motor. Itu merupakan salah satu fungsi lubang kecil yang ada di bawah knalpot sepeda motor.

"Hal tersebut biasanya terjadi ketika kondisi mesin motor masih dingin dan kondisi knalpot masih dingin juga," kata Dwi.

Ketika suhu motor meningkat karena mesin dinyalakan, hasilnya embun berubah menjadi air dan terdorong keluar dari knalpot. Pemilik kendaraan tidak perlu khawatir untuk kejadian seperti ini.

Kondisi ini kemungkinan lebih sering terjadi pada motor injeksi. Knalpot lebih sering keluar air karena proses pembakaran mesin diatur secara presisi mendekati sempurna oleh pabrikan.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments