Alasan di Balik Pemblokiran Akun Pak Dadang "Dewa Kipas" oleh Chess.com

Ilustrasi akun Dewa_Kipas di Chess.com yang diblokir.

For more ? https://t.co/FrNx5LUNuG

Chess.com (@chesscom) March 3, 2021

"Kami tidak pernah sekalipun menutup akun berdasarkan banyaknya laporan dari (penggemar) akun @GothamChess, berbagai kreator konten, atau komunitas lainnya," ujar Chess.com, dikutip KompasTekno dari Twitter, Jumat (5/3/2021).

Korban blokir otomatis?

Alasan di balik pemblokiran akun, menurut Chess.com, adalah karena ditemukannya indikasi kecurangan. Chess.com menyebutkan bahwa semua akun yang diblokir telah "ditinjau lebih dahulu secara seksama oleh tim fair play".

Namun, di artikel penjelasan soal deteksi kecurangan, Chess.com mengatakan bahwa sebagian besar pemblokiran -mencapai lebih dari 70 persen pada pertengahan 2020- dilakukan secara otomatis tanpa ditinjau lebih dulu.

"Tim manusia butuh waktu (untuk melakukan peninjauan), dan ini buruk untuk para anggota kami karena para pemberangusan para pelaku kecurangan akan lebih lama," tulis Chess.com. Sebagian pihak mencurigai Dewa_Kipas menggunakan bot atau mesin catur karena akun Dadang memiliki nilai akurasi CAPS (rating untuk menilai kemampuan pemain di Chess.com) melebihi GothamChess, yakni 93 persen berbanding 81 persen.

Belum diketahui apakah akun Dewa_Kipas milik Dadang diblokir secara otomatis oleh sistem atau sudah ditinjau secara manual oleh tim fair play.

KompasTekno telah mencoba menghubungi pihak Chess.com untuk meminta keterangan apa sebenarnya alasan akun Dadang diblokir, namun hingga kini masih belum memperoleh tanggapan.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments