Kemenparekraf Siap Optimalkan Industri Gaming yang Terus Tumbuh Selama Pandemi

Webinar Seri Ngobrol Parekraf bertema Potensi Besar Industri Gaming di Indonesia, Selasa (30/6/2020).

"Pemain eSports bertalenta Rizki Faidan, berhasil menjuarai PES League Asia Finals 2019, dan menjadi salah satu atlet eSports ternama di Asia Tenggara, kata Giring.

Giring menjelaskan, kepopuleran eSports dipengaruhi tiga hal. Pertama, shifting from PC to mobile, yang menunjukkan pergeseran tren penggunaan game ke perangkat yang lebih praktis yaitu telepon genggam.

Kedua, shifting from single to multiplayer yang berarti mode multipemain. Sedangkan faktor ketiga, shifting from playing to watching,yaitu peminat game menonton pemain lain menyelesaikan game melalui platform digital.


Lebih lanjut ia mengatakan bahwa industri gaming Indonesia semakin diakui eksistensinya. Hal ini terlihat dari data IESPL 2019 yang menunjukkan, Indonesia menempati peringkat 12 pasar gaming dunia.

Data tersebut juga menyebut total pemain game aktif di Indonesia sebanyak 62,1 juta orang dengan pendapatan sebesar 1,04 miliar dollar AS.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Comments